Apa Efek farmakologi wortel untuk tubuh kita ?



Wortel merupakan tanaman sayur yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan tumbuh sepanjang tahun, untuk tumbuhnya memerlukan tanah geluh berpasir yang kaya bahan organic dan sinar matahari yang cukup. Dipanen setelah berumur 60 -90 hari dan dapat dimakan mentah, jus ataupun dicampur dalam masakan. Dengan kandungan gula alamiahnya yang cukup tinggi, jus wortel berkhasiat meningkatkan energy tubuh
Secara empiris wortel dapat berkhasiat sebagai peluruh air seni ( diuretic), peluruh haid, mencegah buta senja, mempercepat penyembuhan luka, anthelmintik dan mempersingkat lamanya sakit campak.
Kandungan kimia dari wortel segar adalah air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, nutrisi anti kanker, gula alamiah ( fruktosa, sukrosa, dektrosa, laktosa, dan maltose), pectin, glutation, mineral (kalsium, fosfor, besi kalium, natrium, magnesium, kromium), vitamin (beta karoten, B, dan C) serta asparagines. Beta karoten merupakan antioksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Daun wortel mengandung porphyrins yang dapat merangsang kelenjar pituitary dan meningkatkan hormone seks.

Sebagai obat tradisional wortel dapat dipakai dengan cara sebagai berikut:
  • Dibuat jus
  • Diparut dan diambil sarinya untuk diminum
  • Diparut untuk pemakaian luar
Manfaat dan khasiat wortel :
Wortel berkhasiat memperkuat fungsi hati, melancarkan kencing, membuang zat tak berguna melalui ginjal, antiseptic, laksatif, melindungi tubuh dari bahan kimia beracun, mencegah proses penuaan, menekan pertumbuhan sel kanker, mencegah buta senja, mempercepat penyembuhan luka.Daun wortel dapat digunakan untuk memperindah rambut, meningkatkan hormone seks, dan memperlancar kencingpada radang kandung kemih ( sistitis ) dan batu ginjal.

Efek farmakologi wortel :
  • Beta karoten merupakan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan serta mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker
  • Vitamin A dari beta karoten dapat mencegah buta senja serta mempercepat penyembuhan luka
  • Porphyrins dalam daun wortel dapat merangsang kelenjar pituitary dan meningkatkan hormone seks.
Perhatian :
Apabila seseorang mengkonsumsi jus wortel terlalu banyak dapat menyebabkan warna kulit menjadi kuning. Jika hal ini terjadi hentikan sementara waktu sampai warna kulit menjadi normal kembali.

0 Response to "Apa Efek farmakologi wortel untuk tubuh kita ?"

Post a Comment